Penyakit Lupus Dan Pengobatannya
SHARE:

Penyakit Lupus Dan Pengobatannya

Spread the love

Berita Terbaru Bukan sebuah film di era 90an dan juga bukan nama orang. Lupus yang kali ini kami maksud adalah penyakit lupus. Penyakit lupus sendiri merupakan sebuah penyakit yang menyerang imun atau sistem kekebalan tubuh manusia. Lupus ini merupakan sebuah penyakit inflamasi kronis yang penyebabnya adalah sistem kekebalan tubuh yang mengalami kekeliruan sehingga ia bukannya menyerang musuh – musuhnya akan tetapi menyerang jaringan dari organ tubuhnya sendiri.

Penyakit lupus biasanya dapat menyerang kulit, sendi, sel darah, jantung, paru- paru. Penyakit lupus sendiri memiliki gejala yang seringkali mirip dengan penyakit lain sehingga dalam mendiagnosisnya memang sangat sulit. Bahkan terkadang dokterpun salah dalam diagnosis penyakit lupus. Biasanya gejala penyakit lupus yang kerapkali muncul seperti gejala ruam kulit, gejala kelelahan, gejala sakit dan pembengkakan yang terjadi pada sendi.

Penyakit lupus tergolong penyakit yang sangat serius dan harus ditangani dengan sangat baik. Lantas seperti apa langkah yang paling tepat dalam menangani dan pengobatan penyakit lupus?

Penyakit Lupus Dan Pengobatannya

Pengobatan Penyakit Lupus
Sebenarnya penyakit lupus merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Jika dilakukan pengobatan itu hanya meringankan gejala dan meminimalisir dampak. Beberapa pengobatan penyakit lupus yang bisa dilakukan yaitu…

1.Obat antiinflamasi non steroid
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam mengobati lupus yaitu dengan mengonsumsi obat antiinflamasi non steroid. Beberapa jenis obat antiinflamasi non steroid seperti ibuprofen, naproxen, diclofenac serta juga piroxecam dapat Anda gunakan.

2.Kortikosteroid
Langkah lainnya dalam menangani penyakit lupus yaitu dengan kortikosteroid yang dapat membantu Anda untuk mengurangi inflamasi secara cepat dan juga efektif. Jenis obat yang satu ini memang biasanya akan diberikan oleh dokter ketika gejala yang dialami oleh penderita penyakit lupus tergolong parah. Dalam pengobatan penyakit lupus dengan kortikosteroid akan ada beberapa efek samping yang dialami yaitu penipisan tulang, penipisan kulit, peningkatan berat badan serta juga tekanan darah tinggi akan tetapi efek tersebut tidak akan bertahan lama.

3.Hidroxychloroquine
Hidroxychloroquine ini merupakan salah satu jenis obat yang paling sering digunakan untuk pengobatan penyakit malaria akan tetapi sebenarnya selain ampuh mengobati penyakit malaria, hidroxychloroquine ini juga dapat digunakan terapi penyakit lupus. Fungsinya memang bukan untuk mengobati secara ampuh dan menyembuhkan total penyakit lupus karena memang sangat sulit mengobati penyakit lupus secara ampuh mengingat sampai saat ini belum ada obat untuk mengobati penyakit lupus. Akan tetapi cara ini terbukti efektif untu mencegah serangan dan meminimalisir penyakit lupus semakin parah.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Pengobatan Penyakit Lupus bermanfaat. Mari menjaga kesehatan sedari sekarang dan syukuri apa yang telah Tuhan berikan

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *