Penyakit Lupus Dan Gejala
SHARE:

Penyakit Lupus Dan Gejala

Spread the love

Berita Terbaru Banyak pakar yang mengatakan bahwa penyakit lupus ini merupakan sebuah penyakit yang setara dengan kanker. Lupus bisa menyebar dengan sangat pesat dan penyakit ini dapat membuat penderitanya tak tertolong lagi.

Lupus sebenarnya merupakan penyakit yang timbul karena sistem kekebalan tubuh yang kemudian menyerang jaringan baik didalam tubuhnya. Sistem kekebalan tubuh yang sebenarnya memiliki fungsi untuk memerangi virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit malah membiarkan virus dan bakteri menimbulkan penyakit serta memerangi pelindung dari tubuh akibatnya bentrok terjadi antara sistem yang fungsinya sama – sama melindungi tubuh.

Penyakit Lupus Dan Gejala

Penyakit lupus ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya diantaranya genetik, obat – obatan, zat kimia, hormon dan masih banyak yang lainnya. Ketika lupus menyerang sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa dikenali. Apa saja gejala penyakit lupus tersebut?

Gejala Penyakit Lupus
Penyakit lupus memiliki beberapa gejala yang sering muncul. Memang gejala ini hampir mirip dengan gejala penyakit lain akan tetapi gejala ini terus menerus kemunculannya. Beberapa gejala penyakit lupus diantaranya :

1.Adanya rasa lelah yang ekstrim
Ini memang salah satu gejala yang paling umum dikeluhkan penderita penyakit lupus SLE. Gejala yang satu ini membuat penderita nantinya tidak dapat beraktivitas seperti seharusnya dan jika penderita tersebut memaksakan diri untuk beraktivitas yang ada penderita tersebut akan merasa lelah yang berkepanjangan.

2.Terjadinya ruam pada kulit
Satu lagi ciri khas dari penyakit lupus yaitu adanya ruam yang terjadi pada kulit utamanya pada area pipi serta juga batang hidungnya. Ruam ini membentuk seperti ruam kupu – kupu. Kemudian nantinya akan menyebar menuju tangan, kaki dan tubuhnya.

3.Rasa nyeri pada sendi
Gejala yang satu ini juga bisa muncul. Gejala utama yang paling sering muncul yaitu rasa nyeri yang tampak pada area persendian tangan serta juga persendian kaki. Rasa nyeri yang satu ini nantinya juga dapat beralih dari sendi yang satu menuju sendi yang lainnya. Akan tetapi rasa nyeri yang satu ini tidak dapat membuat sendi cacat permanen. Gejala lainnya yang akan dialami oleh penderita lupus yaitu…

4.Anemia berkepanjangan
Anemia biasanya terjadi karena sel darah merah di tubuh jumlahnya tidak memadai dan demikian juga pada penderita lupus. Karena serangan dari imunnya membuat sel darah merah di tubuh pecah dan lama – lama akan semakin sedikit dan terus menerus semakin sedikit. Akibatnya anemia yang tak terkendali akan dialami.

5.Sering mengalami gangguan pencernaan
Gejala lainnya yang juga muncul pada penderita penyakit lupus adalah gangguan pencernaan seperti diare, sembelit atau yang lainnya dan ini tidak terjadi sekali atau dua kali akan tetapi berkepanjangan.

Karena itu jaga kesehatan Anda dari sekarang, jangan terlalu lelah juga dalam beraktivitas. Dan satu lagi upayakan Anda untuk menghindari produk – produk yang kurang baik. Semoga informasi diatas mengenai Gejala Penyakit Lupus bermanfaat.

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *